120508 Harapan EXO-K, “Tujuan tahun ini adalah rookie award!”


EXO-K dari SM—yang telah menghasilkan banyak bintang idola sekarang mengambil langkah yang kuat di jalan yang telah dipoles senior mapan mereka. Mereka juga berharap dapat meraih tempat tertinggi yang bahkan tak dapat dipionir oleh senior mereka.

Sekali lagi, SM mencetak rekor baru dengan membuat satu kelompok yang debutnya di Korea dan Cina pada saat yang sama. Mereka adalah rookie SM pertama setelah 4 tahun, menarik perhatian penggemar K-POP di seluruh dunia melalui promosi 100 hari online sebelum debut mereka. Pada 8 April 2012, EXO-K melakukan debut mereka dengan ‘MAMA’ diantara mata penuh harapan dan mata tajam yang siap untuk mengevaluasi mereka.

Tapi mereka bertemu dengan harapan dan mendapat nilai tertinggi dari evaluasi orang-orang. ‘MAMA’ adalah lagu yang menghidupkan kembali SMP (SM Music Performance), suara orkestra megah yang benar-benar berbeda dari pop standar. Ketika menonton penampilannya, mereka menunjukkan kepada kita di atas panggung, rasanya seperti kita melihat batu permata yang akan melampaui banyak seniornya untuk menjadi ‘legenda yang lain’.

Setelah mendengar wartawan mengatakan ‘Kalian terlihat lebih baik dalam kehidupan nyata’ mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan diri mereka sendiri dan terus berkata terima kasih, sudah sebulan sejak mereka debut, yang memungkinkan mereka dikenal ke seluruh dunia, dan sepertinya mereka juga sering mengatakan tentang hal itu.

“Kami melakukan promosi 100 hari sebelum memulai debut, kan? Ini bukan waktu singkat dan kami rookie jadi kami pikir dengan ini para penggemar dan masyarakat bisa menyaksikan kami terus, kami berlatih lebih banyak untuk ini.” (Chanyeol)

Latihan‘. Ketika berbicara dengan mereka itu adalah kata yang paling sering muncul. Mereka masihlah 20 tahun tapi tampaknya mereka telah mendedikasikan bagian dari kehidupan mereka untuk ‘berlatih’. “Waktu latihan rata-rata adalah 3, 4 tahun. Aku berlatih selama 7 tahun. Aku memulainya di tahun ke-3 sekolah menengah. Aku datang sekitar pukul 5 sore setelah selesai sekolah, aku punya kelas menari, menyanyi dan kelas bahasa Cina, bahasa asingku yang ke-2, dan kemudian aku pulang ke rumah larut malam.” (Suho)

Dia berlari selama 7 tahun untuk impiannya menjadi penyanyi. Dia berlatih menyanyi dan menari sepulang sekolah dan pulang di udara malam yang dingin selama 7 tahun. Selain itu, temannya saat pun trainee debut satu demi satu.

“Karena aku masih muda aku juga suka iri. Tapi setiap orang memiliki waktu mereka sendiri dan kesempatanku akan datang suatu saat nanti, jadi aku bertahan. Aku berlatih dengan musik yang kusuka jadi aku bisa melakukan yang terbaik.” (Suho)

Setelah masa training mereka yang panjang, mereka mampu berdiri di bawah sorotan, itu mungkin biasa tapi nyatanya mereka bertemu dengan kekecewaan. “Karena itu siaran pertama kami, kami tidak melakukan banyak hal seperti mencari kamera. Kami sangat gugup dan stres, itu mengecewakan karena kami tidak bisa menunjukkan keahlian kami dengan benar. Jadi kami bekerja sangat keras untuk penampilan berikutnya.” (Chanyeol)

Untuk siaran perdana live mereka, D.O. yang melakukan kesalahan dan mengatakan ‘orkestra mulia’ bukannya  ‘orkestra mengagumkan’ itu karena ia cemas. Berbicara tentang debut stage, ia mengatakan, “Selama latihan kurasa aku bisa melakukan yang baik. Tapi karena ini siaran langsung dan ketika aku harus benar-benar ada di atas panggung, kepalaku jadi kosong, aku tidak bisa mengingat apa pun. Ah itu benar-benar menyedihkan.” (D.O) ia tidak bisa menyembunyikan rasa malunya.

Ini sudah sebulan sejak mereka debut dan mereka berubah dari trainee menjadi selebriti. “Pokoknya, karena kami sudah debut dan lebih banyak orang bisa melihat kami di televisi, kami sangat berhati-hati tentang apa yang kami lakukan. Aku juga senang karena aku dapat berkomunikasi dengan para penggemar dan mendengar sorak semangat mereka.” Segera setelah Baekhyun mengatakan ini D.O. menambahkan “Mampu berdiri di panggung yang kami impikan! Rasanya itu yang terbaik.”

EXO berasal dari kata ‘EXOPLANET’ yang merupakan planet di luar tata surya, berarti mereka ‘bintang baru yang datang dari planet yang tidak diketahui’. Setiap dari mereka memiliki karakter seperti air, api, teleportasi, dll. Mereka benar-benar unik.

“Aku selalu percaya aku punya kekuatan super. Aku yakin aku bisa memanfaatkan konsep ini dengan baik. (Tertawa)” (Kai), “Itu perasaan yang sama seperti saat kami menerima lagu ‘MAMA’. Ini benar-benar fresh dan orisinil.” (D.O).

Mereka terus berbicara tentang konsep mereka, 6 anak laki-laki dengan ‘kekuatan super’ merasa bergairah ketika mereka harus berbicara tentang apa yang mereka rasakan di set syuting video musik. “Selama syuting video musik ada efek CG (komputer grafis) tapi aku harus melakukannya seolah-olah aku punya api di tanganku. Kurasa aku benar-benar memiliki kekuatan super, jadi aku pikir aktingku cukup alami. “

Chanyeol mengatakan dengan membuka lebar kedua matanya, “Ketika aku menonton video musiknya aku benar-benar terkejut. Aku merasa videonya benar-benar bagus. Ketika Kai melakukan teleportasi aku merinding.” anggota lain juga mengatakan kata-kata seperti “Tepat.”, “Aku juga kagum.”

Ketika ditanya tentang grup kembar mereka, EXO-M yang mempromosikan di Cina, para anggota tersenyum. “Kami mencoba untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Cina kami dengan berbicara dengan member Cina tapi para member M juga benar-benar baik berbahasa Korea. Ketika kami meminta sesuatu pada mereka dalam bahasa Cina mereka menjawab dalam bahasa Korea. (Tertawa)” (Chanyeol) “Kurasa kami akan bisa tampil bersama di konser, upacara penghargaan atau pertunjukan besar.” (Suho)

Untuk rookie, upacara penghargaan akhir tahun sangatlah berarti. Mereka dengan suara tegas mengatakan bahwa tujuan tahun ini adalah mendapatkan penghargaan rookie. “Kami berpikiran kalau kami bekerja keras dan melakukan yang terbaik untuk menunjukkan penampilan publik yang lebih baik, jika kami menunjukkan bahwa kamipun berupaya, penghargaan pasti datang.” (Suho)

“Kami akan bekerja keras!” ucap keenam lelaki dengan suara tertinggi mereka.

Menjadi rookie SM Entertainment, EXO-K dikelingingi ‘penuh’ oleh senior seperti HOT dan Shinhwa sampai DBSK, Super Junior, SHINee dan bahkan SNSD. Banyaknya nama-nama terkenal tidak membuat segalanya lebih mudah bagi EXO-K dan itu membuat mereka menjadi maniak latihan; pengalaman yang diperoleh EXO-K membuat mereka terus berkembang.

Selama pra-debut 100 hari promosi, setiap kali teaser dari 12 orang diungkapkan, ekspetasi orang-orang meningkat, terlebih lagi karena mereka kelompok rookie pertama SM setelah 4 tahun.

“Kami adalah rookie pertama setelah waktu yang lama. Karena senior kami berkedudukan kuat di Hallyu dan jalur K-POP, kami tertekan tentang apa yang akan kami lakukan jika kemampuan kami tidak sebaik mereka. Jadi kami bersama-sama bekerja lebih keras lagi.” (Chanyeol), “Karena senior kami melakukannya dengan baik, kami harus sukses juga. Jadi aku rasa kami harus berlatih lebih keras lagi.” (Baekhyun)

Senior mereka memberi mereka banyak nasihat untuk debut mereka. “Ketika debut stage pertama kami berakhir, U-Know Yunho DBSK senior menelepon kami dari Jepang. Secara pribadi ia menelepon saat fajar! Ia mengakhiri konsernya di Jepang dan menelepon kami. Dan dia memberi kami nasihat. Kami menggunakan speaker phone saat ditelepon dan semua anggota mendengarkan sambil memperhatikannya dengan penuh.” (Chanyeol)

“Sama sepertiku, ia mengatakan bahwa lagu tersebut memiliki perasaan yang kuat tetapi akan lebih baik jika aku berlatih ekspresi karismatik dan gerakan yang memenuhi penonton, jadi tentu saja aku berlatih keras. Aku sangat tersentuh.” (Chanyeol)

“Karena kami melakukannya secara live, senior kami tahu bagaimana caranya. Ia menyarankan kami untuk ‘Live sambil berlari’. Ia mengatakan itu kepada kami karena pernapasan sangatlah penting.” (D.O)

Jadi EXO-K berlatih menurut saran senior mereka. “Setelah itu, kami berlari selama 1 jam setiap hari sambil bernyanyi di ruang latihan perusahaan. Ini memiliki pengaruh yang besar.” (Sehun, D.O)

Unit SNSD, Taetiseo saat ini sedang berpromosi dan mereka memberi dukungan yang meyakinkan. “Ketika kami pertama kali muncul di ‘Music Core’, senior kami tengah menjadi MC. Kami benar-benar gugup saat itu, mereka datang untuk menyambut kami di ruang tunggu kami dan mereka memberi kami banyak dorongan. Mereka berkata kalau kami luar biasa dan memberikan kami kekuatan untuk naik di atas panggung.” (Chanyeol)

Catatan rekor idol yang diproduksi oleh SM adalah pada tingkat ‘4-dimensi dinding yang tidak dapat kau lewati‘. Ketika bercerita tentang prestasi senior mereka pada EXO-K, kami bertanya pada mereka prestasi siapa yang paling mereka iri: Shinhwa yang tidak pernah runtuh setelah 14 tahun, Super Junior menjadi nomor 1 di luar negeri selama 100 minggu, DBSK mengumpulkan 550.000 orang di Jepang untuk konser mereka.

Mereka semua berkata tanpa ragu-ragu “Semuanya.”. Baekhyun mengatakan “Aku pribadi sangat iri pada senior Shinhwa yang tinggal 14 tahun bersama-sama.” Sama seperti kalimat yang Chanyeol katakan.

“Kami ingin tetap bersama selama lebih dari 14 tahun seperti senior Shinhwa, juga menjadi nomor 1 di luar negeri selama 100 minggu seperti senior Super Junior, dan melakukan konser dengan lebih dari 550.000 orang penonton seperti senior DBSK. Kami akan bekerja keras. Kami benar-benar akan melakukan yang terbaik.”

Jika yang melakukannya adalah mereka, tampaknya tonggak ini dapat tercapai.

Source: TV Daily
Translation cr; emilie @ exok-trans
Ina. Trans by young @ EXO Town
TAKE OUT WITH FULL CREDITS

Ayo beri kami komentar! Satu komentar kalian sangatlah berharga bagi kami~ Hohoho~\(o ̄∇ ̄o)/

