120505 “15 Jam Per-hari, Terlama 7 Tahun”… Jalan Sulit yang Ditempuh EXO-K Untuk Debut


SM Entertainment adalah perusahaan musik pop terbaik. Itulah sebabnya menjadi trainee di sana tidaklah mudah. Dan setelah beruntung bisa menjadi trainee, itu bukan sebuah akhir. Kalian tidak bisa menghindari persaingan sengit di antara para kandidat lainnya. Kalian harus bisa menunjukkan keistimewaan kalian. Sebenarnya sebelum debut, banyak air mata yang menetes.

SM meluncurkan sebuah grup baru. Setelah ‘SHINee’, ini adalah boygroup pertama setelah 4 tahun. Mereka adalah ‘EXO-K’. Terdiri dari 6 member, leader Suho, D.O, Kai, Chanyeol, Sehun, dan Baekhyun, 6 member yang bermimpi menjadi ‘Hallyu Star’, mereka dengan ambisius menantang industri musik pop.

Tentu saja, sebelum debut mereka melalui perjalanan yang sulit. Tetapi para member dengan tabah melalui masa training yang sangat panjang. Mereka bernyanyi dan menari setiap hari di ruang latihan. Sebagian dari mereka menghabiskan waktu 7 tahun untuk hal ini. Mereka melalui penderitaan panjang hingga mereka dapat tampil di atas panggung program musik yang mereka dambakan pada tanggal 8 April dengan lagu ‘MAMA’.

“Tentu saja, itu sebuah kebohongan jika kami berkata bahwa masa training kami tidak sulit. Kami juga merasa takut. Para senior SM telah melakukan pekerjaan luar biasa dan membuka lebar jalan untuk K-Pop. Bagaimana jika, tanpa sengaja, kami tidak bisa mengikuti langkahmereka dengan baik, tidak bisa memenuhi harapan orang-orang—ini beban yang besar bagi kami. Itulah mengapa kami berlatih lebih keras, kupikir kami dapat berjalan dengan mulus tanpa menyimpang.” (Suho)

Satu bulan telah berlalu sejak mereka debut. Kami di sini mengeksplor seluruh proses yang mereka tempuh sebelum ‘EXO-K’ terjun ke dunia musik. Meskipun mereka adalah grup rookie, semua orang dapat melihat segala usaha yang mereka curahkan, kesabaran dan keteguhan mereka.

“Kami mempersiapkan diri 15 jam sehari, selama kurang lebih 7 tahun”

Dengan rata-rata 3 tahun dan 6 bulan. Ini merupakan masa training yang dilalui EXO-K untuk debut. Masa trainee masing-masing member paling sebentar 1 tahun ~ paling lama 7 tahun. Ada begitu banyak kesulitan. Ada trainee yang join paling akhir tapi memulai debutnya sebelum mereka, ada yang gagal karena frustasi. Ada banyak sekali moment di mana mereka ingin menyerah. Tetapi mereka tidak berhenti dan terus melanjutkan mimpi mereka.

“Aku di training selama 7 tahun di SM. Itu adalah penantian yang panjang. Seringkali, aku iri pada orang-orang yang baru bergabung setelahku tapi mereka debut lebih dulu. Tetapi aku punya mimpi dan tidak boleh menyerah. Sebaliknya, kenangan menyakitkan itu menjadi cermin bagiku untuk menjadi lebih baik lagi. Alhasil, ini menjadi kesempatan untuk meningkatkan kemampuan internal maupun eksternalku.” (Suho)

Sebelum debut, mereka menjalani kehidupan yang lebih keras dari artis professional. Sampai di perusahaan saat matahari terbit dan pulang ketika fajar menyongsong, itulah gaya hidup mereka. Selain makan, lebih dari setengah hari mereka habiskan untuk berlatih menyanyi dan menari. Bahkan sebelum debut, mereka menyadari bahwa dunia di atas panggung terdapat persaingan yang sengit.

“Kami tiba pukul 11 siang di perusahaan dan mulai berlatih. Kami biasanya selesai pukul 3 sampai 4 pagi. Pertama-tama, kami mengambil kelas menyanyi dan menari. Sisa waktunya kami gunakan untuk berlatih sendiri. Kami menghabiskan waktu sekitar satu jam untuk makan siang dan makan malam, jadi kami berlatih sekitar 15 jam. Meskipun tidak ada yang menyuruh kami, kami tetap melakukannya.” (Chanyeol)

“Gugup pada penampilan pertama, kecewa lebih dari sekedar pilu.”

Menempuh segala kesulitan itu, 6 member terbentuk jadi satu grup. Dan setelah berlatih bersama selama setahun, mereka debut dengan nama ‘EXO-K’. Setelah 100 hari promosi, mereka debut dengan saudaranya ‘EXO-M’ yang terdiri dari beberapa member Cina, mereka melangsungkan showcase besar di Olympic Park Korea dan di School of International Business and Economics, Cina.

“Selama masa promosi 100 hari dan selama showcase di Olympic Park, kami mendapatkan kebahagiaan yang sangat luar biasa yang tak dapat kalian bayangkan sebagai seorang grup rookie. Itu adalah debut yang membahagiakan, kami bahkan bertanya apakah kami layak menerima semua ini. Menari dan menyanyi di depan penggemar yang bersorak untuk kami… Kami sangat bahagia dan terharu karena semuanya lebih baik dari apa yang kami harapkan.” (D.O)

Tetapi kebahagiaan ini tak berlanjut. Setelah debut stage resmi mereka pada tanggal 8 April di SBS-TV ‘Inkigayo’, ‘EXO-K’ kembali kepada tujuan utama mereka. Menyesuaikan diri dengan kamera, menari dengan selaras, dan memberikan penampilan yang tak tergoyahkan tidaklah mudah. Mereka berlatih untuk meningkatkan sebaik mungkin karena kekecewaan mereka pada first debut stage.

“Penampilan live pertama kami tidak mudah. Kami menggunakan in-ears untuk pertama kalinya, dan bernyanyi dengan live sangat memberatkan. Mengikuti alur kamera juga sulit. Sangat disesalkan karena kami tidak dapat menunjukkan kemampuan yang telah kami latih. Sejak saat itu, kami berlatih dengan lebih semangat lagi. Diluar jadwal kami, kami menggunakan banyak waktu untuk latihan dan memantaunya.” (Baekhyun)

‘DBSK’ U-Know Yunho dan ‘Super Junior’ Leeteuk yang berada di perusahaan yang sama member bantuan terbesar dengan semua nasihat mereka.

“Setelah siaran pertama kami berakhir, senior U-Know Yunho memonitor secara pribadi dari Jepang dan menelpon kami. Ia menyuruh kami untuk bernyanyi sambil berlari setiap pagi. Setelah kami melakukan apa yang dikatakannya, kemampuan live kami benar-benar berkembang. Kami merasakan kekuatan yang digunakannya untuk memenuhi Tokyo Dome. Senior Leeteuk menggarisbawahi tentang kerja sama tim. Ia menyuruh kami untuk banyak bicara satu sama lain, koreografi kami pun selaras dengan sendirinya. Itu adalah nasihat yang sangat membangun kami, memberi kami kekuatan.” (Kai)

“Kami ingin memiliki keluhuran DBSK + talenta Super Junior”

Mereka adalah sebuah grup yang tidak melalaikan segala usaha sebelum dan sesudah debut. ‘EXO-K’ perlahan berkembang. Nama grup mereka ‘EXO’ berasal dari sebuah planet tak dikenal ‘EXOPLANET’. Sesuai dengan itu, mereka bermimpi untuk menjadi grup dengan kemampuan bernyanyi dan memiliki penampilan luar biasa melampaui yang lain. Hingga pada saatnya mereka menjadi penyanyi yang multitalenta, mereka berencana untuk fokus pada peran mereka sebagai penyanyi.

“Kharisma ‘DBSK’, talenta ‘Super Junior’, keunikan individual ‘SHINee’, kami ingin memiliki itu semua. Kami harap kami bisa menjadi grup dengan semua itu, kemampuan tampil live yang mengagumkan dan penampilan hebat yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Kami mencoba untuk menjadi grup yang misterius yang membuat orang-orang berpikir ‘Apa mereka benar-benar datang dari planet tak dikenal?’” (Sehun, Suho)

Dengan maksud tersebut, lagu debut mereka ‘MAMA’ merupakan sebuah lagu yang menunjukkan talenta terbaik ‘EXO-K’. Lagu ini memiliki suara keagungan, penampilan yang kuat, dan bahkan lirik yang mengkritik masyarakat, ini tidaklah mudah dibuat oleh siapa pun. Mereka berharap para fans dapat membagi perasaan mereka saat mendengarkan liriknya dan melihat koreografi istimewanya.

“Peran seorang penyanyi bukan hanya mengucapkan liriknya, tapi menyampaikan pesannya juga. Semua generasi dapat memahami lirik lagu ini yang mengkritik dunia digital. Pada chorus, koreografi kami saat perpindahan langkah yang cepat adalah pertama kalinya digunakan di Korea, sebuah trend yang datang dari Chicago bernama dubstep. Aku harap suara keagungan ini dapat menyentuh hati para penggemar juga.” (Kai)

Saat wawancara berakhir, para member ‘EXO-K’ mengatakan bahwa, “Meskipun belum begitu lama sejak penampilan pertama kami, kami sangat berterimakasih kalian telah memberi kami begitu banyak perhatian dan kasih sayang. Kami akan bekerja lebih keras untuk membayarnya. Kami akan bekerja hingga ‘EXO’ dikenal tidak hanya di Korea, melainkan di seluruh dunia. Mohon perhatikan kami terus,” dan kemudian mereka berseru ‘fighting’. Kami dapat merasakan ketulusan mereka dari tatapan mata mereka yang serius.

Source: dkpopnews
Indonesia translation by young @ EXOtown
TAKE OUT WITH FULL CREDITS

7 thoughts on “120505 “15 Jam Per-hari, Terlama 7 Tahun”… Jalan Sulit yang Ditempuh EXO-K Untuk Debut

  1. Pingback: “15 Jam Per-hari, Terlama 7 Tahun”… Jalan Sulit yang Ditempuh EXO-K Untuk Debut | K-POP W♥RLD

  2. Exo k sangat sangat luar biasa & keren bnget....gk b0sen lihat video nya..klau aq coklat pazti udach meleleh...exo fighting:-) says:

    facebook

Ayo beri kami komentar! Satu komentar kalian sangatlah berharga bagi kami~ Hohoho~\(o ̄∇ ̄o)/

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s