120517 EXO-K, “Jika kami mendapatkan kesempatan, kami bahkan bisa berpromosi dengan EXO-M.”



‘Idol House’ SM Entertainment menunjukkan grup idola laki-laki untuk pertama kalinya setelah SHINee sejak 4 tahun yang lalu, mereka EXO-K. Dengan strategi promosi khusus, mereka berhasil menarik perhatian seluruh dunia bahkan sebelum memulai debutnya. Mereka mengumpulkan ekspetasi dengan total 23 teaser selama 100 hari. EXO dibagi menjadi EXO-K yang berpromosi di Korea dan EXO-M di Cina, mereka memulai debutnya pada saat yang sama pada tanggal 9 April.

Kali ini, ungkapan ‘Great boast, small roast’(1) terbukti salah. Keenam anggota, yang mendapat nama unik mereka EXO-K berasal dari kata ‘EXOPLANET’, yang merupakan singkatan dari sebuah planet di luar tata surya, memiliki sebuah image yang canggih dan sempurna dan dapat memberikan kesan bahwa mereka benar-benar jatuh dari planet lain.

Kalian akan berpikir bahwa mereka terus berjalan mudah dengan dukungan kuat dari perusahaan mereka dan bersenjatakan dengan SMP, tapi itu salah. Mereka berjalan sama sulitnya seperti mengubah satu kesukaan dan ketidaksukaan. Para anggota memiliki berbagai pesona dan skill yang cukup baik yang layak seperti cinta yang mereka terima.

Kami baru saja bertemu EXO-K untuk wawancara ini dan bukan ekspresi kaku yang mereka tunjukkan, melainkan mereka berseru penuh semangat dengan salam resmi mereka “We are ONE. Halo, kami adalah EXO-K” dengan lebih santai dan wajah ceria. Sebulan yang lalu mereka bingung dan mengalami kesulitan bekerja sebagai grup, tetapi selama periode inilah, para anggota mulai berkembang banyak.

“Akhir-akhir ini, semua berjalan dengan baik saat kami tampil di program musik. Pada hari-hari dengan jadwal music show, biasanya kami tidur sekitar 4 jam, tapi hari ini (Senin) kami tidur 7 jam.” (Kai)

“Aku benar-benar bersenang-senang sekarang. Saat ulang tahun pertamaku setelah debut kami, para anggota dan para fans mengucapkan selamat kepadaku dan kami juga punya acaranya.” (Baekhyun)

Akhir-akhir ini, setiap kali mereka ditanya bagaimana mereka bekerja, para anggota membalas seperti ini dengan ekspresi malu. Di atas panggung, mereka bernyanyi dengan nada tinggi layaknya seorang profesional dan menyesuaikan koreografi yang sulit seakan-akan mereka benar-benar telah menguasainya, tapi ketika menghadapi mereka, kami mendapatkan perasaan yang kuat bahwa mereka ‘seperti anak kecil’. Tapi di sini, kami berbincang dengan mata D.O yang bulat dan cerah, Suho yang penuh semangat, dan keceriaan Chanyeol.

Ketika melihat image angelic para anggota, kami ingin tahu apakah mereka merasa tertekan oleh perhatian media yang hanya karena mereka rookie SM, maka harapan publik pada mereka adalah untuk memiliki penampilan sekelas senior seperti DBSK-SHINee.

“Promosi kami berlangsung selama waktu yang sangat lama, kan? Aku rasa saat itu juga fans menunggu harapan mereka lebih besar lagi. Selain itu, senior kami membuka jalan Hallyu dan K-POP, sehingga ini menekan kami, bahkan lebih. Tetapi di bawah tekanan itu, kami berjanji untuk berlatih lebih keras lagi dan terus berusaha.” (Chanyeol)

Genre lagu ‘MAMA’, SMP (SM Music Performance: secara khusus merupakan penampilan yang bagus dan kuat), mirip dengan generasi pertama seperti H.O.T dan Shinhwa dan beberapa waktu lalu DBSK yang masih beranggotakan 5 orang, ini membuat mereka percaya diri.

“Ketika aku pertama kali mendengarnya aku benar-benar menyukainya. Ini benar-benar mengesankan, dan itu sudah lama sejak SMP muncul, kan? Aku rasa kami  bisa menunjukkan penampilan yang berbeda dari penyanyi lain.” (Suho)

“Kalian bisa menganggap kalau itu kuno atau di luar musim, tapi kurasa generasi sekarang ini tidak sempat mendengar banyak SMP. Sebaliknya aku berpikir ‘bukankah ini menjadi genre orisinil dan baru bagi mereka?’”(Chanyeol)

Mengingat kembali ke penampilan pertama mereka di ‘Inkigayo’ hanya membuat mereka pusing. Mulai dari terpelesetnya lidah D.O yang mengatakan ‘orkestra mulia’ sampai para anggota yang benar-benar tegang. Segera setelah membincagkan ini, D.O tidak tahu apakah ia harus tertawa atau menangis. Setelah kesalahan itu, saat D.O mendengar tentang ‘siaran pertama’, ekspresi pertama yang kalian lihat padanya adalah mendesah.

“Penampilan pertama kami tidak live untuk menekankan pada penampilan. Tekanan untuk live tentu saja berkurang dengan itu. Tapi karena ini pertama kalinya kami memakai in-ear mic, semuanya asing, sehingga kami benar-benar gugup.” (Baekhyun)

“Sejujurnya, bahkan sekarang pun, jenis wawancara seperti ini mudah, tapi wawancara dengan kamera benar-benar sulit. Kau tahu bagaimana datarnya wajahmu tapi hanya mulutmu yang tersenyum? Baru-baru ini, kami melakukan wawancara dengan senior Tony di ‘M!Countdown’ dan aku dimarahi karena bibirku benar-benar gemetaran.” (Kai)

Meskipun mereka terlihat sempurna, mereka tetaplah rookie yang takut kamera. “Kami tidak bisa memilih hanya satu fan-idiot (A/N: fan idiot adalah anggota yang canggung dengan fans dan tidak tahu bagaimana bereaksi dan berinteraksi dengan mereka). Kita semua fan-idiot.” Mereka memberi kami jawaban standar. Mereka menunjukkan image mereka hanya melalui teaser, itulah cara mereka dikenal publik sebelum debut mereka, tetapi sebagai lawan bahwa mereka harus bertemu para penggemar melalui program musik, fanmeetings dan fansigns, mereka begitu kagum dengan hal itu, mereka bisa melakukannya.

EXO-K, dengan keenam anggota, yang terlihat mirip namun sangat berbeda, semuanya bersama-sama mengatakan bahwa sampai sekarang penyanyi senior mereka, seperti DBSK, Super Junior, SHINee, dll, banyak membantu mereka.

“Senior U-Know Yunho DBSK dan senior Max Changmin yang selalu memantau kami dan selalu memberikan kata-kata manis setiap kali kami bertemu dengan mereka. Kadang-kadang mereka memberitahu kami dengan kata-kata hangat melalui speaker telepon saat kami sedang berlatih. Melihat bahwa kami memiliki banyak anggota, senior Super Junior Leeteuk juga mengatakan kepada kami banyak hal seperti ‘Buat mereka kompak sebagai pemimpin’, ‘Lebih kompak lagi sedikit’, ‘Kalian ada karena kalian adalah tim’.” (Suho)

Mereka masih rookie muda tetapi mereka telah mengumpulkan pengalaman. Ketika mereka mengguncang tubuh mereka sampai mereka kehabisan napas dan menanganinya dengan tubuh mereka yang kokoh, mereka tahu-bagaimana kalau mereka telah berkembang juga. Suara mengesankan ‘MAMA’, dengan anggota yang seperti satu saat penampilan mereka yang kuat, dengan anehnya membuat kecanduan. Ini hampir sebulan sejak mereka debut dan mereka sudah mulai menunjukkan kepada publik berbagai kemungkinan tak terbatas akan pesona mereka.

“Bukannya melelahkan, itu malah luar biasa dan menyenangkan. Kami juga secara bertahap mulai terbiasa dengan panggung. Aku senang karena kami dapat menampilkan image yang sedikit lebih baik.” (Baekhyun)

Para anggota memperkenalkan reaksi positif yang mereka terima tentang ‘MAMA’ dari orang-orang di sekitar mereka dengan ekspresi ceria. “Mereka semua mengatakan hal itu oke. Setelah menonton siaran kami, orang tuaku bilang itu sangat keren. Tapi mereka mengatakan kepadaku untuk selalu memikirkan kesehatanku lebih utama dan rajin merawat tubuhku.” (D.O)

Setelah cerita dari D.O, pembicaraan tiba-tiba pindah ke orang tua. Para anggota berekspresi redup dan mengatakan, “Terakhir kami melihat orang tua kami akhir Januari lalu untuk Seollal.”. Mereka tahu orang tua mereka menghadiri debut showcase mereka saat akhir Maret tapi mereka tampak kecewa karena tidak bisa menemui orang tua mereka.

“Memang benar bahwa orang tua kami datang ke showcase tetapi kami tidak bisa menemui mereka karena kami sangat sibuk. Karena orang tua EXO-M tinggal di China mereka tidak bisa datang, kami juga merasa sedih karena hanya kami yang dapat bertemu orang tua kami. Sebaliknya, ketika kami tampil di showcase di Cina, anggota EXO-M memikirkan kami yang tidak bisa bertemu dengan orang tua kami. Kami perhatian terhadap satu sama lain seperti ini .” (Suho)

Chanyeol juga mengungkapkan betapa dia merindukan orang tuanya. “Dulu aku sering melakukan layanan sukarela di aula untuk orang tua dan pusat kesejahteraan, dan di sana, saat aku sedang bersih-bersih seorang wanita tua memberiku permen sambil mengatakan ‘Terima kasih banyak’. Sudah lama aku sudah terpisah dari orang tuaku dan aku bahkan tak bisa melihat kakek dan nenek saat liburan sehingga tiba-tiba aku merasa ingin menangis.” (Chanyeol)

Sambil memegang kerinduan pada orang tua mereka, EXO-K mengatasi kehidupan sulit mereka sebagai trainee dan melakukan debut yang kuat, menerima berbagai komentar menyenangkan sebanyak jumlah waktu yang dihabiskan saat pelatihan intensif mereka. Salah satunya adalah Kai dan permainan ekspresi mengagumkan para anggota. Bagian di mana ia berteriak “MAMA” untuk memanggil para Dewa sambil menatap ke udara dengan tampilan yang sedikit lemah menjadi sorotan di video ‘MAMA’.

“Saat seluruh putaran lagu, permainan ekspresi adalah bagian yang mutlak diperlukan. Dalam kehidupan kami sehari-hari, kami mengecek ekspresi kami ketika kami mengambil foto wajah kami dengan selca.” (Baekhyun)

Di sisi lain, Kai, aktor utama dari game berekspresi berkata “Aku melakukannya seperti saat apa yang aku rasakan ketika aku mendengarkan lagu.” sambil menunjukkan image yang santai. Tapi bertentangan dengan image chic, arogan dan kepercayaandirI yang ia tunjukkan di panggung, faktanya ia hanya memberikan 10 poin dari 100 untuk promosi para ‘MAMA’ menarik perhatian kami.

“Ada banyak lagi yang bisa kami tunjukkan di masa depan. Aku rasa kami berkembang sedikit demi sedikit “(Kai)

Sementara Suho, berbeda dengan Kai yang dingin dan tidak segan-segan, ia memberikan 50 poin. “Karena awal yang baik sudah setengah dilakukan. (tertawa)”

Suho berbicara lembut dengan mata yang deer-like. Entah bagaimana, ia tampak seperti tidak memiliki karisma sebagai leader, ketika kami bertanya “Apakah ada rahasia leader untuk mengatur dongsaengnya?” Dia memberi tip, “Aku mengatur para member setiap minggu saat pertemuan keluarga. Kami memutuskan hal-hal sepele dengan kasih sayang dan pelukan dan aku memarahi mereka jika mereka melakukan kesalahan besar atau jika mereka bertindak tidak sopan.”

Chanyeol kemudian menambahkan dan menjelaskan “Leader-hyung tidak selalu memarahi kami dengan keras, tetapi ia melakukannya dengan diskusi yang tenang dengan dongsaengnya.” Ketika kami bercanda dan berkata “Kau terlihat seperti orang yang paling sering dimarahi oleh hyung.” Ia menunjukkan wajah malunya, tertawa dengan wajahnya yang berubah merah dan menggelengkan kepalanya.

Saat kami mencapai akhir wawancara, kami sangat penasaran akan satu hal. Masing-masing dari 6, tidak, 12 anggota memiliki kepribadian yang berbeda, sehingga dengan keyakinan apa dan nilai-nilai yang membuat mereka bersatu dan tujuan apa yang mereka kejar?

“Motto kami semua adalah ‘berlatih untuk memberikan lebih daripada menerima’. Biasanya kau berpikir bahwa selebriti hanya menerima, kan? Tapi kami berpikir bahwa kami harus berbagi cinta yang kita terima. Untuk mencapai itu kami telah melakukan pelayanan sukarela sejak pra-debut.” (Suho)

Dari jawaban leader Suho yang dapat dipercaya, kami bisa menebak remang esensi EXO-K. Melalui ‘MAMA’, mereka menyanyikan kesedihan dari kesenjangan komunikasi zaman modern; mereka bersatu atas dasar pertimbangan satu sama lain dengan hati yang hangat yang mengerti perasaan itu.

EXO-K menjawab ‘Tidak ada komentar’ ketika ditanya tentang lagu dan konsep mereka berikutnya. Mereka menggelitik rasa ingin tahu kami dengan mengatakan “Jika kami mendapatkan kesempatan, kami bahkan bisa berpromosi dengan EXO-M.”. Mereka masih melakukan yang terbaik saat mempromosikan ‘MAMA’ di Korea. Seperti ‘monster rookie’, mereka menampilkan potensi eksplosif mereka di tangga lagu musik pada saat yang sama ketika mereka debut, kami menanti hari mereka akan bersaing di worldwide-stage yang akan segera datang.

(1)Orang yang banyak membual melakukannya untuk menutupi kekurangan.

Source: BNTnews
Eng trans by emilie @ exok-trans
Ina trabs by young @ EXO Town
TAKE OUT WITH FULL CREDITS

Ayo beri kami komentar! Satu komentar kalian sangatlah berharga bagi kami~ Hohoho~\(o ̄∇ ̄o)/

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s