120524 Wawancara EXO-K Dengan SBS News


“Aku merinding. Menyadari bahwa fans melihat kami berada di panggung… Ini adalah saat yang tidak akan pernah kulupakan.”

Mereka mengingat masa-masa ketika mereka mampu berdiri di hadapan para fans melalui showcase pertama mereka. Meskipun mereka mendapatkan banyak sekali kepopularitasan, mereka tidak akan pernah lupa dan akan menyimpan masa itu untuk diri mereka setiap kali mereka mengalami kesulitan.

Bintang-bintang bersinar EXO-K, Suho, Kai, DO, Chanyeol, Sehun dan Baekhyun naik ke atas panggung dengan lagu ‘MAMA’ dan membentangkan sayap mereka. Mata keenam anak lelaki ini bersinar seperti aksi panggung mereka yang indah membuat kalian tersenyum hanya ketika melihat mereka.

EXO-K membuka pintu dan masuk dengan senyum secerah birunya langit segar di bulan Mei. Mereka mengatakan mereka harus menerima kesibukan jadwal mereka tanpa mengeluh, tapi mereka sangat senang karena mereka melakukan pekerjaan yang mereka suka.

Baekhyun: “Aku tidak merasa itu sebegitu melelahkan. Karena itulah yang aku impikan sejak aku masih kecil, aku selalu menganggap itu menyenangkan meskipun itu melelahkan. Karena inilah apa yang ingin benar-benar kulakukan, aku selalu latihan dengan menikmatinya bahkan sejak sebelum debut. Kami semua benar-benar dekat satu sama lain maka dari itu kami mencoba untuk menerima dengan sukacita tugas-tugas yang sulit.”

Mereka melakukan debut setelah periode pelatihan yang panjang dan promosi selama 100 hari. Kami ingin tahu bagaimana perasaan mereka ketika mereka akhirnya melakukan showcase pertama mereka pada 31 Maret lalu.

D.O: “Aku merinding. Aku rasa aku harus bekerja lebih keras untuk menunjukkan image yang baik. Ketika aku bisa berdiri di panggung saat para fans melihatku… aku sangat gugup dan itu juga melelahkan. Tapi di panggung, kami semua sangat bahagia. Orang-orang di sekitarku juga mengatakan padaku ‘Akhirnya sekarang kau sudah debut’ dan mengucapkan banyak selamat padaku.”

Judul lagu EXO adalah ‘MAMA’. Koreografi ‘cekat’ yang mereka tunjukkan di atas panggung bisa membuat kita berseru kekaguman “Mereka menakjubkan!”. Biasanya ketika penyanyi menerima sebuah lagu, mereka mendapatkan ‘feeling’, jadi apa feeling yang mereka dapatkan ketika mereka pertama kali mendengar ‘MAMA’?

Sehun: “Awalnya aku berpikir ‘luar biasa’. Ini benar-benar mengagumkan dan karena lagunya sangat keren kami rasa kami bisa menunjukkan yang terbaik dalam performa kami. Aku juga lebih bangga lagi karena generasi kita bisa merasakan musik SMP yang lebih menyegarkan.”

Akhir-akhir ini mereka dibanjiri dengan jadwal sibuk tapi kami tetap bertanya pada mereka apa yang mereka lakukan selama waktu luang mereka.

Kai: “Sudah hampir satu tahun lebih kami tinggal di asrama. Ini benar-benar seperti rumahku, aku tidak menyebutnya ‘asrama’ tapi ‘rumahku’. Aku tipe yang suka menghabiskan banyak waktu dengan para member.”

Chanyeol: “Setelah debut, kami pergi ke bioskop bersama-sama. Sejujurnya, banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah. Karena kami tinggal di asrama bersama-sama kami bisa banyak mengobrol dan menghabiskan waktu bermain game juga, kalian bahkan tidak tahu betapa menyenangkannya itu. Kami juga suka bermain permainan tradisional, kadang bermain sepak bola di luar. Jika kami mulai bermain, sorot mata kami tiba-tiba berubah. (tertawa) Kami semua suka olahraga, tapi Kai paling fanatik, setiap kalian berada di tim yang sama dengan Kai, kalian akan sering menang. Kurasa Kai hanya beruntung.”

EXO-K tidak menyembunyikan persahabatan mereka baik dengan EXO-M yang berlatih bersama dengan mereka tapi mempromosikan secara terpisah.

Suho: “Ruang latihan terasa kosong. Ketika kami berlatih bersama-sama, perusahaan terasa riuh dan berisik… Aku merindukan mereka. Kami saling memberikan ucapan selamat ketika hari ulang tahun dan mengirim pesan video.”

EXO-K bisa berdiri di atas panggung setelah periode latihan yang panjang. Seperti leader Suho, ia menghabiskan waktu sampai 7 tahun sebagai trainee.

Suho: “Tentu saja ada masa-masa sulit tapi karena itu adalah musik yang kusuka dan itu adalah masa untuk mencapai mimpiku, kurasa itu menyenangkan. Aku pernah terluka sambil menari juga, namun aku tinggal dengan anggota lain dan aku tidak akan menukar waktu yang kuhabiskan untuk berlatih terhadap hal lain. Waktu itu menjadi darah dagingku. Sekarang aku bisa mendengar sorak-sorai para fans di atas panggung, tapi aku rasa aku mendapatkan kekuatan lebih saat aku menjadi gugup mendengar sorak-sorai itu.”

Kai: “Aku juga menghabiskan sekitar 5 tahun sebagai trainee. Pada awalnya, ketika aku menjadi trainee, aku kaku dan tidak bisa berbicara dengan baik, sulit untuk beradaptasi juga, tapi tanpa menyadarinya aku menyesuaikan diri dengan baik dan mengetahui diriku sendiri memberikan yang terbaik dalam hidup sebagai trainee.”

“Meskipun aku hyung-nya, kurasa ia memang benar-benar seksi.”

Kami agak khawatir karena mereka bisa saja memberi kami jawaban pendek karena rasa malu unik yang biasanya dimiliki oleh seorang ‘trainee’, tetapi EXO-K Suho, Kai, D.O, Chanyeol, Sehun dan Baekhyun membuat rasa khawatir itu menjadi lebih baik dan mereka berbagi kisah mereka dengan senang hati.

EXO-K memiliki banyak ketertarikan di berbagai bidang seperti variety, drama, dan tidak hanya aksi panggung, mereka mengatakan bahwa jika mereka mendapat kesempatan di masa depan, mereka ingin mencoba berbagai pengalaman.

Baekhyun: “Aku ingin mencoba semuanya. Tentu saja, sekarang aku fokus di panggung tapi aku ingin mencoba dan menantang berbagai pengalaman seperti variety, drama, musikal.”

Belum lama EXO-K melakukan debut mereka tetapi mereka memiliki kesempatan untuk melakukan konser besar seperti ‘Dream Concert’ dan ‘SM Town Live Concert’ yang diselenggarakan di Amerika.

Suho: “’Dream Concert’ dan ‘SM Town Live Concert’ adalah panggung yang aku impikan sejak sebelum debut dan aku ingat, dulu aku bertanya-tanya ‘Kapan kami akan berdiri di panggung itu?’. Mengingat aku akan berdiri di atas panggung dengan senior yang kuhormati membuat aku sangat senang dan terhormat.”

Tampaknya semua anggota punya pemikiran berbeda dalam kemampuan satu sama lain. Mereka berpikir tentang kemampuan yang begitu menawan yang mereka ingin curi dari satu sama lain.

Apa yang Chanyeol pikirkan tentang D.O? “D.O sangat ‘family oriented’. Di asrama, dia merawat kami dan menjadi koki yang baik juga bagi kami. Dia terlihat sangat cute tapi dia sangat asyik di dalam. Dia juga terorganisir dengan baik dan ketika kami membuat kesalahan dia memperbaikinya satu per satu. Bahkan untuk hal-hal sepele yang ia bisa lepaskan, ia akan menjaganya dengan baik, dia adalah pengurus rumah tangga nomor 1.”

Apa yang D.O pikirkan tentang Kai? “Meskipun ia dongsaeng-ku, ia sangat keren dan seksi. Terlebih lagi kalian tidak bisa tahan untuk tidak jatuh cinta padanya saat melihat performanya di atas panggung. Permainan ekspresinya benar-benar berbeda dari rookie biasanya. Bahkan ketika aku memintanya untuk menari part bagian yang aku tidak tahu saat latihan, dia mengajariku dengan sangat hati-hati tanpa terganggu sama sekali.”

Apa yang Kai pikirkan tentang Baekhyun? “Aku pikir ia memiliki dua pesona berlawanan dalam penampilannya. Di atas panggung, dia penuh kharisma dan ketika dia turun dari panggung dia benar-benar lucu dan menyenangkan, ia menjadi ‘energizer’. Aku bersyukur meskipun ia hyung tapi ia selalu membuat kami senang.”

Apa yang Baekhyun pikirkan tentang Suho? “Ketika memikirkan leader, kalian bisa saja menganggap ia mengetahui segalanya tentang para anggota dan suka menghukum(?) tapi Suho-hyung sebenarnya adalah orang yang memiliki ‘calm charisma’. Dia hyung yang keren yang menyelesaikan masalah dengan diskusi tenang, ia juga membelikan kami banyak makanan lezat, ia bertanya kepada anggota satu per satu jika ada sesuatu terjadi, ia memberi kami masukan untuk masalah kami. Setiap sisi darinya adalah teladan. Oh ya, ia juga bisa membuat honey-water dengan sangat baik!”

Apa yang Suho pikirkan tentang Sehun? “Dia benar-benar cute dan matanya yang ceria. Kulit milky-white-nya juga benar-benar molek. Dia sangat pemalu tapi dia juga maknae yang jahil dan sangat lucu. Juga, dia baik dalam mengumpulkan informasi seperti volume penjualan CD.”

Apa yang Sehun pikirkan tentang Chanyeol? “Dia happy virus yang akan selalu membuat suasana hati senang dan membuat kalian tertawa bahkan tanpa menyadarinya hanya dengan berada di sebelah kalian. Dia sangat ceria dan lincah, ia banyak tertawa. Juga karena tinggi badannya yang atraktif, ia sangat keren. Suara serak-nya menawan.”

Sebelum naik panggung, para member EXO-K saling memegang erat satu sama lain. Dan mereka mengatakan ‘let’s love’. Karena mereka memiliki satu sama lain untuk bersandar dan mendukung mereka seperti ini, EXO-K bahkan dapat memiliki lebih dari mimpi. EXO-K hanya mengambil langkah pertama mereka, anak-anak muda yang tampan akan membuat masa depan dan hati kita berdebar ingin tahu cahaya apa yang akan mereka sinarkan.

Suho: “Sebelum naik panggung, kami berseru ‘EXO Let’s love!’. Aku yang mengsugestikannya, ‘let’s love’ maksudnya adalah kami, musik kami, fans kami, dan segalanya bisa menikmati dan saling menyayangi. Nikmati bersama kami!”

Source: SBS News
Eng. Translation by emilie @ exok-trans
Indonesian by young @ EXO Town
please take out with full credits.

Ayo beri kami komentar! Satu komentar kalian sangatlah berharga bagi kami~ Hohoho~\(o ̄∇ ̄o)/

