EXOpedia

EXO (Hangul: 엑소) adalah boyband Cina-Korea Selatan yang berada di bawah naungan SM Entertainment. Dibentuk pada tahun 2011 di Seoul, Korea Selatan. EXO terdiri dari dua belas anggota, dan dipisahkan menjadi dua sub-grup, EXO-K dan EXO-M, mereka berpromosi secara bersamaan baik di Korea Selatan maupun Cina. Nama EXO diambil dari planet yang berada di luar tata surya. Single perdana mereka “MAMA” dirilis pada tanggal 8 April 2012, diikuti oleh debut mini-album “MAMA” pada tanggal 9 April 2012.

2011 — Formasi

Pada bulan Januari 2011, produser Lee Soo-man dari S.M. Entertainment mengumumkan rencananya untuk mendebutkan boy band baru pada bulan Maret atau April 2011. Sementara bernama M1. Pada bulan Mei 2011, Lee Soo-man berbicara tentang grup ini di sebuah seminar bisnis Hallyu yang diadakan di Universitas Stanford. Dalam presentasi, dia menjelaskan strateginya memisahkan kelompok menjadi dua sub, M1 dan M2, dan telah mereka mempromosikan musik yang sama di Korea dan Cina, menyanyikannya dalam bahasa Korea dan Mandarin. Soo-man berencana untuk meluncurkan kelompok pada Mei 2011, tapi debut mereka ditunda dan berita tentang grup ini tidak muncul ke permukaan publik sampai Oktober 2011, dan Soo-man membahas secara singkat tentang rencana konsep grup ini dalam sebuah wawancara dengan The Chosun Ilbo.

Pada Desember 2011, grup ini selesai dan mendapat nama EXO, dengan nama EXO-K untuk sub-grup Korea dan EXO-M untuk sub-grup Cina. Dua belas anggota diperkenalkan secara individual melalui 23 teaser berbeda yang dirilis dari Desember 2011 hingga Februari 2012. Kai, Lu Han, Tao, dan Chen, keempat anggota pertama diperkenalkan, melalui debut penampilan pertama mereka di SBS Gayo Daejun pada tanggal 29 Desember 2011.

2012 – sekarang — Debut dan MAMA

Single prolog EXO-K dan EXO-M “What Is  Love” dirilis pada tanggal 30 Januari 2012, melalui iTunes dan berbagai situs retailer online dari China dan Korea Selatan, dimana single mencapai peringkat 88 di Gaon Single Chart Korea Selatan. Pada tanggal 9 Maret, grup ini merilis single kedua mereka, “History” yang ditulis dan diproduksi oleh Thomas Troelsen dan Remee. Single ini mencapai peringkat 68 di Gaon Single Chart  dan peringkat 6 di China’s Sina Music Chart.

Sebuah konser showcase diadakan di Seoul Olympic Stadium pada 31 Maret, seratus hari setelah EXO mendebutkan teaser pertama mereka pada 21 Desember 2011. Sekitar 3.000 penggemar dari 8.000 pelamar dipilih untuk menghadiri showcase. Showcase kedua diselenggarakan di Aula Besar dari University of International Business and Economics di Beijing, Cina pada tanggal 1 April.

EXO-K dan EXO-M merilis debut single “MAMA” pada tanggal 8 April diikuti dengan mini-album, MAMA, pada 9 April. Pada tanggal 8 April EXO-K melakukan debut mereka di program musik Korea Selatan, SBS Inkigayo, sementara EXO-M di 12th Yinyue Fengyun Bang Awards pada hari yang sama. Sehari setelah rilis, “MAMA” mencapai peringkat nomor satu di berbagai retailer dan tangga musik Cina. Album EXO-M mencapai peringkat kedua di Sina Album Chart China, peringkat lima di Gaon Album Chart Korea Selatan, dan debut di perinigkat 12 pada Billboard World Albums Chart, sementara album EXO-K mencapai peringkat pertama di Gaon Album Chart dan debut di peringkat delapan di Billboard World Albums Chart. Video musik EXO-M “MAMA” mencapai peringkat pertama di situs streaming website Cina, dan versi EXO-K mencapai peringkat ketujuh di YouTube’s Global Chart.

Ayo beri kami komentar! Satu komentar kalian sangatlah berharga bagi kami~ Hohoho~\(o ̄∇ ̄o)/

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s